Tips Sederhana Menjaga Kadar Gula Darah


Gula darah atau glukosa dalam tubuh berperan penting dalam menjaga kesehatan, dan merupakan sumber karbohidrat yang diserap tubuh untuk dialirkan dalam darah menuju sel-sel tubuh, sehingga perlu dijaga dalam batas normal agar tidak menimbulkan gangguan atau penyakit dalam tubuh.




Kadar gula darah dalam tubuh sebenarnya tidak dapat ditentukan, karena dapat berubah-ubah seperti sebelum makan kadar gula darah normal sekitar 70-130 mg/dL, sedangkan gula darah normal 2 jam setelah makan kurang dari 140 mg/dL.

Dikatakan kadar gula darah tinggi jika melebihi 200 mg/dL. hal ini dapat terjadi saat tubuh tidak memiliki insulin yang cukup. Untuk menjaga kadar gula darah tubuh tetap normal ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, berikut telah kami rangkum.

1. Rutin berolahraga
Bagi penderita diabetes, rutin berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin (hormon pemecah gula dalam tubuh), dan membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Minum yang cukup
Minum cukup air dapat mencegah dehidrasi serta membantu ginjal mengeluarkan gula dalam tubuh melalui urine, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

3. Mengurangi asupan karbohidrat
Menurut pada peneliti, makan makanan rendah karbohidarat dan makan tinggi protein dapat mengurangi kadar gula darah penderita diabetes.

4.  Memantau kadar gula darah
Biasanya kadar gula darah meningkat sampai batas normal tidak menimbulkan gejala, sehingga harus tatap terpantau dengan cermat agar terkendali.

5. Melakukan pengobatan herbal
Mengkonsumsi ekstra herbal memiliki efek positif dalam mengendalikan dan menormalkan kadar gula darah secara alami.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengendalikan kadar gula darah tetap normal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Berpuasa untuk Penderita Gula Darah Tinggi

Khasiat Jahe untuk Pengobatan Stroke