Tips Berpuasa untuk Penderita Gula Darah Tinggi

Puasa di bulan Ramadhan merupakan sebuah kewajiban bagi setiap umat muslim di dunia. Akan tetapi, untuk penderita gula darah tinggi perlu memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal agar puasa yang di jalani tidak menimbulakan komplikasi yang dapat membahayakan kesehatan.



Penderita diabetes sebenarnya bisa menjalankan ibadah puasa, asalkan kadar gula darahnya dapat terkendali dengan baik dan tidak memiliki riwayat penyakit kronis lain seperti penyakit ginjal atau jantung.

Untuk mencegah terjadinya komplikasi serius seperti gula darah turun drastis (hipoglikemia) atau melonjak sangat tinggi (hiperglikemia), penderiata diabetes perlu memperhatikan pola makan, aktivitas fisik, dan jadwal konsumsi obat. Kedua kondisi komplikasi ini dapat membahayakan penderita dan perlu penanganan medis jiga timbul gejala seperti pusing atau sakit kepala, kejang, sering haus, dan tidak sadarkan diri.

Agar ibadah puasa yang di jalankan dapat terlaksana dengan baik, ada beberapa tips yang bisa diterapkan penderita diabetes, diantaranya :

1. Tetap konsumsi obat dan kontrol gula darah secara teratur
Saat menjalankan ibadah puasa, penderita gula darah tinggi perlu mengkonsumsi obat sesuai petunjuk dokter. Serta perlu memerikasakan kadar gula darah sehari 2 sampai 4 kali.

2. Menghindarai makanan manis dan berlemak
Agar kadar gula darah tetap normal, penderita diabetes tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan belemak seperti gorongan karena dapat menyebabkan penimbunan lemak yang mengakibatkan kadar gula darah meningkat. Juga menghindarai makanan yang terlalu manis supaya kadar gula darah terjaga.

3. Tidak melewatkan jadwal makan
Untuk penderita diabetes, makan tetap 3 kali sehari yaitu saat sahur, berbuka dan setelah ibadah terawih. Sehingga makan sahur tidak boleh terlewat dan dianjurakan makan saat mendekati waktu imsak. sedangakan saat berbuka dianjurkan sesegera mungkin, dan hindari makan berlebih baik saat sahur atau berbuka.

4. Konsumsi makanan tinggi serat
Makanan berserat seperti nasi merah, sayuran, buah dan gandum dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dianjurkan dikonsumsi lebih banyak saat sahur.

5. Memiliki cairan tubuh yang cukup
Selama berpuasa penderita diabetes beresko terkena dehidrasi, sehingga diperlukan asupan cairan yang cukup dan hindari minuman manis atau mengandung kafein.

Itulah beberapa tips yang dapat anda jalankan agar kadar gula darah selama berpuasa tetap normal dan tidak menyebabkan komplikasi serius.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Jahe untuk Pengobatan Stroke

Tips Sederhana Menjaga Kadar Gula Darah